BIOSKOP MERUSAK IMAJINASI

Hallo,…..

 

Pembahasan kita kali ini adalah mengenai ‘Bioskop Merusak Imajinasi’.

Dalam zaman sekarang ini, siapa lagi yang tidak tahu yang namanya bioskop, bukan? Bioskop merupakan tempat umum untuk menonton suatu film. Bagi kalangan muda, bioskop sudah tidak asing lagi bagi mereka. Mungkin juga bagi anda yang sedang membaca artikel ini, sudah sering berkunjung ke tempat yang satu ini. Mungkin, itu sudah menjadi hal yang biasa bagi anda. Untuk menjadi hiburan, menghilangkan stress, atau berkencan mungkin menjadi alasan untuk pergi ke bioskop.

Tapi sadarkah anda bahwa bioskop dapat merusak imajinasi, pemikiran, bahkan tabiat anda?

Dalam buku Pikiran, Karakter dan Kepribadian, yang merupakan kompilasi dari buku-buku tulisan Ellen G. White, mengatakan :

“ Diantara tempat-tempat untuk bersenang-senang yang paling berbahaya adalah bioskop. Gantinya menjadi sekolah untuk moral dan kebajikan, sebagaimana sering dikatakan orang, bioskop adalah tempat kemesuman. Kebiasaan-kebiasaan buruk dan jahat dan kecenderungan-kecenderungan berbuat dosa dikuatkan dan dipertegas oleh hiburan-hiburan ini. Lagu-lagu yang bermutu rendah, gerakan-gerakan kotor, pernyataan-pernyataan dan sikap cabul, merusak imajinasi dan merendahkan moral. Setiap pemuda yang ketagihan memasuki pertunjukan bioskop akan rusak prinsipnya. ”

Yepss… Tepat sekali. Bioskop sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan hal-hal yang tidak senonoh, hal-hal yang berbau mesum yang dapat menjauhkan kita dari sang pencipta, Tuhan yang Maha Esa. Juga, hal-hal yang disajikan dibioskop kebanyakan mengandung unsur-unsur pornografi, kekerasan, dan hal-hal yang tidak dapat membangun tabiat yang baik. Bahkan dapat merusak tabiat dan moral.

Kembali lagi dikatakan :

“ Tidak ada pengaruh dalam negeri kita yang lebih kuat untuk meracuni imajinasi, untuk merusak pengaruh keagamaan, dan untuk menumpukan rasa suka pada kesenangan yang menenteramkan dan menenangkan kenyataan hidup daripada  hiburan bioskop. Kasih akan pemandangan ini bertambah pada setiap kali memanjakan diri didalamnya, sebagaimana keinginan pada minuman yang memabukkan diperkuat dengan meminumnya. Tindakan yang aman satu-satunya ialah menjauhi bioskop, sirkus, dan semua tempat hiburan lain yang meragukan. – 4T 652,653 (1881). ”

Pernahkah anda mencoba minuman-minuman yang memabukkan atau mengandung alkohol? –Bagi  yang tidak pernah saya sarankan untuk tidak mencobanya– Saya juga tidak pernah mencobanya. Namun menurut fakta dilapangan, ketika seseorang mencoba minuman tersebut untuk pertama kalinya, akan terasa asing baginya. Namun apabila dicoba berkali-kali akan menimbulkan kecanduan atau ketagihan.

Begitu juga halnya dengan bioskop. Semakin kita memanjakan diri kita akan hal-hal yang disajikan disana, maka kita juga akan semakin ditarik dan akan susah melepaskannya. Semakin kita terjerat kedalamnya, semakin kita lupa akan tabiat yang baik, moral yang baik.

Mungkin kita merasa baik-baik saja walaupun sudah sering pergi kebioskop. Namun tanpa kita sadari, apa yang kita lihat disana akan muncul dalam pikiran kita. Akan mempengaruhi sikap kita bahkan tindakan kita.

Sebagai umat yang beragama, tidak perduli apa agama anda dan saya, sadarkah kita, bahwa hal tersebut tidak akan membawa kita lebih dekat kepada Tuhan? Bahkan akan membawa kita lebih jauh dari padaNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s